![]() |
Banyak orang yang bilang kalo bikin
animasi Blender itu susah dan ribet, sebenarnya tidak kalo kita tahu apa
saja fungsi tools pada blender. Pada kali ini saya akan memberitahu
anda cara membuat animasi 3D water pouring dengan Blender
- Pertama buka aplikasi blender terlebih dahulu ,lalu di menu atas klik Blender Render dan ubah ke Cycles Render.
- Setelah mengubahnya ke Cycles Render kita akan membuat water container-nya terlebih dahulu. Karna saya ingin membuat container pada air mancurnya berbentuk lingkaran maka saya hapus terlebih dahulu kubusnya dengan cara klik X pada kubus yang ada lalu klik Shift+A dan pilih Circle pada Mesh untuk membuat lingkarannya.
- Klik lingaran yang sudah kita buat lalu tekan Tab untuk mengubahnya
ke Edit Mode dan klik F untuk menambahkan permukaan setelah itu klik Tab
lagi untuk mengembalikannya ke Object Mode.
- Lalu klik S untuk memperbesar lingkaran dan geser mouse anda sesuaikan dengan ukuran yang anda mau.
- Setelah itu pilih Object Modifiers yang ada disamping kanan atas dan
pilih Solidify Modifier, atur Thicknes pada 0,1 lalu klik Apply.
- Lalu klik Tab untuk pindah ke Edit Mode lalu pilih Face Select dan
klik kanan pada lingkaran lalu klik X dan pilih Only Faces untuk
menghapus permukaan atas dan klik Tab lagi untuk kembali ke Object Mode.
- setelah itu klik kembali Object Modifiers yang ada di samping kanan
atas lalu pilih Solidify Modifier atur thicknes pada 0.8 lalu klik
Apply.
- Sekarang kita akan membuat obstacle yang lainnya. Klik shift+A pilih
Mesh lalu pilih Cylinder dan tempatkan ditengah-tengah lingkaran yang
sudah kita buat lalu sesuaikan ukurannya dengan yang kalian mau dengan
cara tekan S lalu tekan Z.
- Lalu bikin satu lagi cylinder diatas cylinder yang kita buat dan
kita hilangkan permukaan atasnya dengan cara yang sama sebelumnya.
Setelah itu kita buat lingkaran kecil untuk inflownya, kita letakkan
didalam cylinder yang ke-2. Sesuaikan besar lingkarannya dengan lubang
cylinder. Dengan itu tempat untuk Air Mancur sudah terbentuk.
- Langkah selanjutnya yang harus kita buat adalah water containernya.
Pertama kita buat lagi satu lalu lebarkan cylindernya sampai menutupi
tempat Air Mancurnya dengan cara klik S. Lalu kita sesuaikan ukurannya
klik Z terlebih dahulu untuk membuatnya transparant setelah itu klik G+Z
untuk menggerakkannya ke sumbu Z lalu S+Z untuk memperbesarnya ke sumbu
Z dan kalian tinggal mengatur ukurannya supaya sesuai dengan tempat Air
Mancur yang kita buat . Lalu klik Z kembali untuk membuatnya tidak
transparant.
- Setelah itu kita ubah bentuk water containernya ke bentuk Wire. Klik
Object pada samping kanan atas lalu di Display ganti maximun draw
typenya menjadi Wire.
- Langkah selanjutnya adalah membuat aliran airnya. Pertama pilih
lingkaran besar yang pertama kita buat lalu pilih Physics pada samping
kanan atas lalu pilih fluid setelah itu ganti Type dan volume
initialization menjadi Obstacle dan Shell. Lalukan cara ini pada
Cylinder-1 dan Cylinder-2. Lalu pada lingkaran kecil ditengah Cylinder-2
lakukan hal yang sama tapi ganti Typenya menjadi Inflow untuk tempat
keluarnya aliran airnya dan pada Inflow Velocity ubah Z nya menjadi 1
supaya airnya keluar pada sumbu Z. Lalu pada water containernya pada
fluid pilih typenya Domain setelah itu ganti Resolution Final 150 dan
Previewnya 100 lalu pilih dimana tempat kalian akan menyimpan renderan
fluidnya dan klik bake. Tunggu selama beberapa menit/jam dan kita telah
selesai membuat Aliran Airnya.
- Setelah itu kita akan membuat dinding. Shift+A pilih Mesh lalu pilih
Plane lalu arahkan ke pinggir tempat air mancur klik R+X lalu ketik 90
untuk memutarnya ke 90 derajat. Setelah itu lebarkan dengan klik S untuk
membuat nya berbentuk dinding klik Tab lalu pilih Edge Select dan pilih
ujung tepinya lalu klik shift untuk memilih tepi yang kedua dan tekan
E+Y lalu panjangkan. Lalu kita sesuaikan tempat Air Mancur. Note :
Dinding ini hanya dekorasi tambahan kalian bisa kreasi dinding ini
sesuai yang kalian mau.
- Selajutnya yang kita lakukan adalah pewarnaan. Klik object yang akan
diberi warna lalu pilih Material pada samping kanan atas dan klik new
lalu klik Color dan pilih warna yang sesuai dengan yang kalian suka.Untuk Airnya ganti surface menjadi Glass BSDF.
- Selanjutnya kita tinggal atur pencahayaan dan Kamera sesuai dengan
yang kalian mau. Klik numpad 0 untuk ke kamera lalu tekan F untuk
menggerakkannya dengan tombol W/A/S/D. Untuk pencahayaan klik object
yang seperti tongkat dengan lingkaran hitam diatasnya lalu pilih Data
disamping kanan atas dan pilih Sun pada Lamp. Untuk melihat preview yang
akan anda render kili Shift+Z.
- Setelah itu kalian bisa lansung merender Animasi kalian.
Untuk melihat animasi yang saya sudah buat anda bisa play atau download disini===>Air Mancur Sederhana .
Jika anda kurang jelas dengan penjelasan saya kalian bisa langsung
liat di refensi saya tentang penjelasan dan langkah-langkah yang lebih
jelas, terima kasih.